Syarat dan Ketentuan

SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN HELLO ONLINE STORE

Syarat dan Ketentuan Penggunaan Hello Online Store (berdasarkan Perjanjian ini dikenal dengan nama “Hello”) (“Perjanjian”) antara pengguna sebagai pihak yang menggunakan situs Hello (“Pengguna”) dan PT Global Astha Niaga (“GAN”) sebagai pengelola situs Hello, memuat syarat-syarat dan ketentuan penggunaan situs Hello yang berlaku bagi Pengguna untuk dapat menggunakan situs Hello. Mohon untuk membaca dengan hati-hati Perjanjian ini. Anda harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan dalam Perjanjian ini sebelum menggunakan Hello dan/atau menerima konten yang terdapat di dalamnya. Dengan menggunakan Hello dan/atau melanjutkan akses terhadapnya, Pengguna menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan yang terdapat di dalamya, dan oleh karena itu menyetujui untuk terikat dalam suatu Perjanjian dengan GAN dan oleh karenanya Anda menyatakan persetujuan untuk dapat menerima layanan dan akses atas seluruh konten yang terdapat dalam Hello. Jika Anda tidak menerima dan menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi dari syarat dan ketentuan di Perjanjian ini, Pengguna tidak di perkenankan untuk mengakses lebih lanjut dan dipersilahkan untuk meninggalkan Hello. Setiap kegiatan terkait dengan penggunaan Hello maka baik GAN dan Pengguna, dilindungi secara hukum melalui ketentuan peraturang perundangan – undangan yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada peraturan tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hak Kekayaan Intelektual, dan terhadap segala bentuk perikatan yang timbul dari segala aktifitas di Hello telah memenuhi kaidah dan syarat sahnya suatu perikatan sebagaimana yang tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.

 

1. PENDAHULUAN

    1.1    Perjanjian ini diatur dan diinterprestasikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia (Indonesia). Pihak-pihak yang disebutkan dalam Perjanjian dengan ini sepakat untuk tunduk kepada pengadilan di Indonesia.

    1.2    Dalam Perjanjian ini yang dimaksud dengan “Pengguna” adalah orang perseorangan, baik warga negara Indonesia, warga negara asing, maupun badan hukum dengan kemampuan menggunakan komputer, jaringan, komputer dan/atau media elektronik lainnya yang mampu untuk mengakses situs Hello sesuai dengan keperluannya dan telah membuat sebuah nama akun (username) dan sandi (password).

    1.3     Dengan terus melakukan akses atau terus menggunakan Hello, Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui ketentuan Hello tentang Ketentuan dan Kebijakan Privasi  yang mengatur masalah penggunaan informasi yang dimasukkan masing-masing Pengguna ke dalam situs Hello. Pengguna menerima ketentuan ini serta tambahan atau setiap perubahan atau pembaruannya. Pengguna memahami dan mengetahui secara sadar bahwa GAN dapat mengubah ketentuan tentang Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu dan akan memasukkan versi terbarunya di Hello. Dengan terus mengakses dan menggunakan Hello, Pengguna dianggap menerima dan menyetujui ketentuan tentang Kebijakan Privasi yang tercantum di Hello pada saat digunakan.

    1.7    Dengan mengakses atau menggunakan Hello, Pengguna secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun menyatakan diri setuju untuk menerima semua syarat dan ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian ini serta ketentuan-ketentuan lainnya yang berlaku di Hello. Pengguna terikat dengan syarat dan ketentuan dalam Perjanjian yang berlaku dalam hal Pengguna mengakses atau menggunakan Hello.

    1.8    Perjanjian ini mungkin dapat diubah dan/atau diperbaharui setiap waktu dan GAN akan mencantumkan Perjanjian yang telah diubah atau diperbarui di dalam Hello. Persyaratan dan ketentuan yang telah diubah dan diperbarui akan segera berlaku setelah persyaratan dan ketentuan yang telah diubah dan diperbarui dicantumkan di Hello, dan Pengguna diwajibkan untuk membaca syarat dan ketentuan dalam Perjanjian dari waktu ke waktu karena Perjanjian ini dapat berubah sewaktu waktu tanpa adanya pemberitahuan kepada Pengguna. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Hello, Pengguna setuju atas perubahan-perubahan dalam syarat dan ketentuan ini.

     

    2. KETENTUAN UMUM BAGI PENGGUNA

    2.1    Dengan memilih untuk membuat akun sebagai Pengguna dari Hello, Pengguna akan membuat sebuah nama akun (username) dan sandi (password) ketika menyelesaikan proses registrasi dan verifikasi yang telah ditetapkan dalam Hello.

    2.2    Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah subjek hukum yang cakap dan mampu untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian.

    2.3    Saat mengunjungi dan menggunakan Hello, termasuk setiap fitur dan layanannya, setiap Pengguna tidak diperkenankan untuk:

    1. Melanggar setiap hukum yang berlaku (termasuk tetapi tidak terbatas pada peraturan perlindungan konsumen, persaingan tidak sehat, anti diskriminasi atau iklan palsu), hak-hak pihak lain baik hak intelektual, asasi, dan lainnya, dan aturan-aturan yang diatur pada Perjanjian ini.
    2. Memberikan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis.
    3. Menyebarkan spam, hal-hal yang tidak berasusila, atau pesan elektronik yang berjumlah besar, pesan bersambung.
    4. Menyebarkan virus atau seluruh teknologi lainnya yang sejenis yang dapat merusak dan/atau merugikan Hello, afiliasinya dan pengguna lainnya.
    5. Memasukkan atau memindahkan fitur pada Hello tidak terkecuali tanpa sepengetahuan dan persetujuan dari GAN.
    6.   Menyimpan, meniru, mengubah, atau menyebarkan konten dan fitur Hello, termasuk cara pelayanan, konten, hak cipta dan intelektual yang terdapat pada Hello.
    7. Mengambil atau mengumpulkan informasi dari pengguna lain, termasuk alamat email, tanpa sepengetahuan pengguna lain.

    2.4    Setiap Pengguna bertanggung jawab atas seluruh hal atau kegiatan yang dilakukan di Hello atas nama Pengguna atau menggunakan akun Pengguna tersebut.

    2.5    GAN berhak membatasi atau tidak memberikan akses, atau memberikan akses yang berbeda untuk dapat membuka Hello dan fitur di dalamnya kepada masing-masing Pengguna, atau mengganti salah satu fitur atau memasukkan fitur baru tanpa pemberitahuan sebelumnya. Setiap Pengguna sadar bahwa jika Hello tidak dapat digunakan seluruhnya atau sebagian karena alasan apapun, maka usaha atau kegiatan apapun yang dilakukan Pengguna dapat terganggu. Setiap Pengguna dengan ini sepakat bahwa karena alasan apapun membebaskan GAN dari segala bentuk pertanggungjawaban terhadap Pengguna atau terhadap pihak ketiga jika yang bersangkutan tidak dapat menggunakan Hello (baik karena gangguan, dibatasinya akses, dilakukannya perubahan fitur atau tidak dimasukkannya lagi fitur tertentu atau karena alasan lain); atau jika komunikasi atau transmisi tertunda, gagal atau tidak dapat berlangsung; atau jika timbul kerugian (secara langsung, tidak langsung) karena digunakannya atau tidak dapat digunakannya Hello atau salah satu fitur di dalamnya.

    2.6    Setiap Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya jika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah dirincikan pada Perjanjian ini, dan menyetujui untuk melepaskan GAN beserta afiliasinya atas seluruh kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.

     

    3. HAK DAN KEWAJIBAN PENGGUNA

    3.1     Setiap Pengguna bertanggung jawab atas seluruh hal atau kegiatan yang dilakukan di Situs Blibli atas nama Pengguna atau menggunakan akun Pengguna tersebut, yang oleh karenanya bertanggung jawab sepenuhnya jika Pengguna melakukan pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang telah dirincikan pada Perjanjian ini, dan menyetujui untuk melepaskan GAN beserta afiliasinya atas seluruh kerugian yang diakibatkan oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.

    3.2    Setiap Pengguna berkewajiban untuk membayar penuh atas transaksi yang dilakukan di Hello sesuai dengan ketentuan transaksi dan pembayaran.

    3.3    Pengguna berhak mendapatkan Produk sesuai dengan yang telah dipesan dan dibayar penuh oleh Pengguna sebelumnya melalui Hello, dengan ketentuan Produk tidak dapat dikembalikan atau dibatalkan secara sepihak oleh Pengguna apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam Hello.

    3.4    Dengan mengacu pada ketentuan pasal 2.5 di atas, Pengguna menyetujui bahwa dalam hal terdapat ketidaksesuaian informasi yang terjadi antara program promo dengan program regular yang terdapat pada Hello, maka GAN atas kebijakannya sendiri secara mutlak, dapat melakukan pembatalan transaksi pembelian Produk oleh Pengguna, ataupun tetap menindaklanjuti proses transaksi pembelian Produk yang dilakukan oleh Pengguna, dengan melakukan penyesuaian-penyesuaian/koreksi yang diperlukan sehubungan dengan adanya ketidaksesuaian informasi yang terjadi sebagaimana dimaksud di atas.

    3.5    Pengguna dilarang untuk melakukan kecurangan (fraud) yaitu suatu tindakan yang disengaja dengan cara apapun untuk mendapatkan manfaat atau keuntungan baginya atau pihak lainnya yang bekerja sama Pengguna, yang menyebabkan kerugian bagi GAN, mitra GAN, pengguna lain di Hello dan pihak-pihak lainnya.

    4. KETENTUAN TRANSAKSI DAN PEMBAYARAN

    4.1    Setiap Pengguna dapat melakukan pembelian Produk dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur dalam Hello sesuai dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Perjanjian ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    4.2    Setelah seluruh proses pemilihan Produk dan transaksi oleh Pengguna selesai, maka total harga akan tertera dalam keranjang belanja yang tertera dalam situs Hello yang terdiri dari harga Produk serta biaya pengiriman (apabila ada), dan selanjutnya Pengguna berkewajiban untuk membayar total harga tersebut.

    4.3    Setiap Pengguna berhak untuk memilih metode pembayaran yang telah disediakan di Hello, yang mana Pengguna merasa lebih nyaman dan mudah dalam bertransaksi di Hello, di mana setiap biaya transaksi pembayaran akan ditangguhkan kepada pengguna tersebut.

    4.4    Pengguna berkewajiban untuk membayar penuh atas setiap transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan oleh GAN secara spesifik untuk masing – masing metode pembayaran sebelum GAN dapat memproses lebih lanjut atas transaksi dari Pengguna. Bilamana Pengguna belum melaksanakan pembayaran dalam kurun waktu yang ditentukan maka GAN berhak menyatakan bahwa transaksi telah dibatalkan oleh Pengguna tersebut.

    4.5    Segala jenis pembayaran atas nilai transaksi yang dilakukan oleh Pengguna selain daripada yang telah tersedia di Hello dan telah dipilih oleh Pengguna, maka tidak menjadi tanggung jawab GAN.

     

    5. KETENTUAN PENGIRIMAN

    5.1    GAN hanya dapat mengirimkan setiap Produk yang telah dipesan oleh Pengguna setelah mengetahui dan mendapatkan dana pembayaran dari Pengguna secara tepat dan sesuai dengan nilai Produk yang dibeli atau nominal transaksi dari Pengguna.

    5.2    GAN telah bekerja sama dengan perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos terpercaya yang akan mengirimkan setiap Produk yang dibeli Pengguna.

    5.3    Segala bentuk keluhan atas pengiriman adalah tanggung jawab perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan GAN. GAN akan berupaya memfasilitasi antara Pengguna dengan perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan GAN, dan sehubungan dengan hal tersebut Pengguna menyetujui untuk membebaskan GAN atas segala tuntutan   dan kerugian yang diderita Pengguna terkait dengan proses pengiriman Produk.

    5.4    Pengguna berhak untuk mengajukan keluhan kepada GAN atas kualitas pengiriman yang telah diberikan perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan GAN ataupun mengajukan keluhan secara langsung kepada perusahaan logistik/perusahaan penyelenggara pos yang bekerja sama dengan GAN dalam kurun waktu dan ketentuan sesuai dengan yang ditetapkan oleh perusahaan logistik tersebut.

     

    6. KETENTUAN PROMOSI

    6.1    Pengguna memahami bahwa GAN sewaktu–waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (“Promo”) dengan syarat dan ketentuan khusus dan berbeda–beda di setiap Promo. Pengguna disarankan untuk membaca dengan seksama setiap syarat dan ketentuan Promo yang berlangsung.

    6.2    Apabila diduga/ditemukan indikasi kecurangan/pelanggaran yang dilakukan Pengguna yang merugikan GAN, termasuk namun tidak terbatas pada:

    1. Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama; dan/atau
    2. Nomor handphone yang sama; dan/atau
    3. Alamat pengiriman yang sama; dan/atau
    4. Nomor rekening/kartu kredit/debit/Identitas Pembayaran yang sama; dan/atau
    5. Riwayat transaksi yang sama; dan/atau
    6. Manipulasi/merekayasa transaksi.

     

    Maka GAN berhak melakukan tindakan–tindakan yang diperlukan antara lain:

    1. Membatalkan pesanan Pengguna; dan/atau
    2. Menarik subsidi promosi, diskon, cashback atau benefit lainnya; dan/atau
    3. Meminta pengembalian subsidi promosi, diskon, cashback atau benefit lainnya yang telah diterima Pengguna; dan/atau
    4. Menahan proses pengembalian dana/refund kepada Pengguna; dan/atau
    5. Memotong dana pembayaran yang telah dibayarkan Pengguna pada saat proses refund; dan/atau
    6. Menonaktifkan dan menutup akun Pengguna.

     

    7. PEMBATALAN TRANSAKSI, PENGEMBALIAN PRODUK DAN DANA

    • Pembatalan Transaksi
    1. Pengguna tidak dapat membatalkan Produk yang telah dibayar.
    2. GAN hanya memproses pembatalan transaksi yang disebabkan karena kesalahan spesifikasi produk, kesalahan pengiriman atau stok habis dan tidak akan dikenakan biaya apapun kepada Pengguna.

     

    • Pengembalian Dana

    Jangka waktu pengembalian dana (refund) dihitung setelah memperoleh persetujuan dari GAN.

    Masing-masing proses refund memiliki jangka waktu yang berbeda. Khusus untuk metode refund melalui transfer ke rekening bank milik atau yang kamu tunjuk, jangka waktu pengembalian dana akan dihitung setelah kamu memberikan memberikan nomor rekening kepada GAN.

    Berikut jangka waktu proses refund berdasarkan metode pembayaran yang digunakan pada transaksi:

    No.

    Metode Pembayaran Yang Digunakan Saat Pemesanan

    Metode Refund

    Jangka Waktu Refund

    1.

    Internet Banking (Klik BCA, BRImo, Octo Clicks, BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA), Sakuku, JeniusPay, Blu by BCA Digital)

    Rekening Sumber Dana

    0-3 hari kerja

    2.

    OneKlik

    Rekening Sumber Dana

    1-3 hari kerja

    3.

    BCA Klikpay (Tabungan/Klik BCA)

    Rekening Sumber Dana

    0-3 hari kerja

    BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Full Payment

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    BCA Klikpay (Kartu Kredit/BCA Card) - Cicilan 0%

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    4.

    Kartu Kredit - Full Payment

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    5.

    Kartu Kredit - Cicilan 0%

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    6.

    Kartu Debit Online

    Saldo Debit Online

    5-10 hari kerja

    7.

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Akulaku

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Kredivo

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Home Credit

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - Vospay

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - PayLater

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    Cicilan Tanpa Kartu Kredit - BRI Ceria

    Saldo limit

    5-10 hari kerja

    8.

    Transfer melalui Virtual Account (BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, dan Bank Lainnya)

    Rekening Sumber Dana

    0-3 hari kerja

    9.

    Uang Elektronik (Sakuku, LinkAja, LinkAja Syariah)

    Saldo Uang Elektronik

    0-3 hari kerja

    Uang Elektronik (Go-Pay)

    Saldo Uang Elektronik

    0-3 hari kerja

    Uang Elektronik (QRIS)

    Saldo Uang Elektronik

    0-3 hari kerja

    Uang Elektronik (OVO)

    Saldo Uang Elektronik

    0-3 hari kerja

    Uang Elektronik (DANA)

    Saldo Uang Elektronik

    1-3 hari kerja

     

    • Pengembalian Produk

    Apabila Produk diterima oleh Pengguna dan ditemukan cacat produk maka Pengguna bisa mengajukan penggantian Produk yang sama dengan wajib mengirimkan kepada GAN dokumen sebagai berikut :

    1. Invoice
    2. Berita Acara Serah Terima Produk
    3. Foto Copy KTP Pengguna
    4. Video Unboxing Produk

     

    8. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB GAN

      8.1    Bentuk kerugian yang dikarenakan dari tindakan Pengguna yang melanggar Perjanjian ini sepenuhnya adalah tanggung jawab Pengguna di mana Pengguna melepaskan GAN dari segala bentuk tanggung jawab, gugatan atau tuntutan pihak-pihak yang dirugikan.

      8.2    Produk yang sudah dibeli dan diterima dengan baik dan benar oleh Pengguna yang ditandai dengan tanda terima Produk akan menjadi tanggung jawab Pengguna, dan tidak dapat dikembalikan atau dibatalkan secara sepihak oleh Pengguna.

      8.3    Bahwa GAN tidak bertanggung jawab terhadap Pengguna ataupun setiap orang yang mengajukan klaim melalui Pengguna, untuk setiap kerugian atas keuntungan atau pendapatan, ketidakakuratan data, kegagalan untuk memperoleh hasil ataupun keuntungan yang diharapkan, kerugian ekonomis, insidental, signifikan, hukuman, kerugian secara tidak langsung (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya-biaya yang diperlukan untuk perbaikan) yang disebabkan karena akses yang Pengguna lakukan ataupun dikarenakan kegagalan mengakses layanan atau konten yang terdapat dalam Hello baik berdasarkan jaminan, kontrak, perbuatan melawan hukum, tanggung jawab produk atau teori hukum dan kemungkinan apakah GAN mengetahui ataupun tidak mengenai kemungkinan kerugian tersebut ataupun jika kemungkinan kerugian itu telah dapat diperkirakan sebelumnya. GAN tidak bertanggung jawab kepada Pengguna ataupun kepada pihak lainnya untuk ketidakakuratan, kesalahan, kerusakan atau kerugian yang disebabkan baik oleh karena kegagalan, penundaan, terputusnya layanan dan konten sebagaimana terdapat pada Hello, baik seluruh ataupun sebagian. Pengguna menyetujui bahwa dalam setiap kejadian, Pengguna tidak dapat mengajukan klaim kepada GAN atas segala kerugian/kerusakan yang timbul sehubungan dengan akses terhadap layanan atau konten yang terdapat pada Hello ataupun hal lain yang timbul sehubungan dengan ketentuan dalam Perjanjian ini. Hal-hal tersebut di atas akan tetap berlaku meskipun terjadi pengakhiran terhadap Perjanjian ini ataupun telah habis jangka waktu berlakunya.

      8.4    Kewajiban atas kehilangan atau kerugian langsung, tidak langsung atau yang merupakan akibat yang ditanggung oleh Pengguna dalam hubungannya dengan Hello atau dalam hubungannya dengan penggunaan, ketidakmampuan menggunakan, atau akibat dari penggunaan Hello, setiap situs yang terkait dan setiap materi yang ditempatkan pada Hello termasuk, namun tidak terbatas pada, kewajiban atas:

      • kehilangan penghasilan atau pendapatan;
      • kehilangan bisnis;
      • kehilangan laba atau kontrak;
      • kehilangan penghematan yang telah diantisipasi sebelumnya;
      • kehilangan data;
      • kehilangan goodwill;
      • waktu manajemen atau kantor yang tersia-siakan; dan
      • kehilangan atau kerugian lain apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu timbul dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap kontrak atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya.

      Hal ini tidak berpengaruh pada kewajiban GAN yang tidak dapat dikecualikan atau dibatasi berdasarkan hukum yang berlaku. Pengguna menyetujui bahwa materi yang ditayangkan di Hello adalah untuk informasi saja guna membantu Pengguna dalam memutuskan untuk mengajukan penawaran atau tidak mengajukan penawaran untuk Barang dan/atau Jasa. GAN atau salah satu karyawan GAN tidak bertanggung jawab atas akibat langsung atau tidak langsung dari segala keputusan Pengguna untuk melakukan/tidak melakukan transaksi di Hello.

       

      9. HAK MILIK INTELEKTUAL

      GAN adalah pemilik tunggal atau pemegang sah semua hak atas dan isi dalam Hello. Hello dan isinya mencakup hak milik intelektual yang dilindungi oleh undang-undang hak cipta dan undang-undang yang melindungi kekayaan intelektual lainnya yang berlaku di seluruh dunia. Semua hak milik dan hak milik intelektual atas Hello dan isinya tetap pada GAN, afiliasinya atau pemilik lisensi isi Hello. Semua hak yang tidak dicantumkan di dalam Perjanjian ini atau oleh GAN dengan ini dilindungi undang-undang. Hello, nama, dan ikon serta logo terkait merupakan merek dagang terdaftar di berbagai wilayah hukum dan dilindungi undang-undang tentang hak cipta, merek dagang atau hak milik kekayaan intelektual lainnya. Dilarang keras menggunakan, mengubah, atau memasang merek-merek tersebut di atas pada media apapun tanpa persetujuan GAN.